Rabu, 09 November 2011

PENGENALAN TUJUAN & RENCANA

PENGENALAN TUJUAN & RENCANA
Ø  Tujuan : Kondisi di masa depan yang diinginkan dan coba diwujudkan oleh perusahaan
Ø  Rencana : Cetak biru yang digunakan untuk mencapai tujuan , dan menentukan alokasi sumber daya, waktu, tugas, serta tindakan lain yang diperlukan .
Ø  Perencanaan : Tindakan yang dilakukan untuk menemukan tujuan perusahaan .

-          KONSEP PERENCAAN (planning) -
    planning biasanya mencakup kedua konsep tersebut , dan didefinisikan sebagai tindakan yang dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan .


TUJUAN PERUSAHAAN
Ø  Misi Perusahaan
                        Misi (mission), yang berarti dasar keberadaan perusahaan, berada di puncak hierarki tujuan. Misi menjabarkan nilai-nilai, cita-cita, dan dasar keberadaan perusahaan.
                        Pernyataan Misi (mission statement) formal adalah gambaran umum tujuan yang membedakan suatau perusahaan dari perusahaan lain yang sejenis.
                        Misi State Farm adalah menolong orang-orang mengelola risiko kehidupan sehari-hari, membantu mereka mengatasi kejadian tidak terduga, dan mewujudkan impian mereka.


TUJUAN & RENCANA
      Tujuan Strategis (strategic goal) adalah pernyataan umum mengenai masa depan yang ingin dicapai perusahaan. Tujuannya berkaitan dengan perusahaan secara keseluruhan, bukan dengan divisi/departemen.
      Rencana Strategis (strategic plans) menentukan langkah-langkah & tindakan-tindakan yang akan diambil perusahaan untuk mencapai tujuan strategis.yang cenderung bersifat jangka panjang.
      Tujuan Taktis (tactical goals), hasil-hasil yang hendak dicapai oleh divisi-divisi & departemen-departemen utama di perusahaan.
      Rencan Taktis (tactical plans) dibuat untuk membantu melaksanakan rencana strategis utama & mencapai bagian tertentu dari strategi perusahaan.
      Tujuan Operasional (operational goals)  adalah hasil spesifik & terukur yang diharapkan dari departemen-departemen, kelompok kerja, dan para individu di perusahaan.
      Rencana Operasional (operational plans), disusun di tingkat perusahaan yang lebih rendah untuk menentukan langkah-langkah & tindakan-tindakan untuk mencapai tujuan operasional & untuk mendukung rencana taktis.


MENYELARASKAN TUJUAN MELALUI PETA STRATEGI
                        PETA STRATEGI (strategy map) adalah gambaran visual dari faktor-faktor penting pendorong kesuksesan perusahaan yang menunjukkan hubungan antara tujuan & rencana spesifik di setiap bidang. Peta Strategi ini juga menunjukkan bagaimana tujuan & rencana di satu bidang terkait dengan tujuan & rencana bidang lain. Hal pentingnya yaitu bahwa pembelajaran & pertumbuhan berfungsi sebagai fondasi dalam mencapai tujuan proses bisnis internal yang baik.


KRITERIA TUJUAN EFEKTIF
Kriteria Tujuan ;
  Spesifik dan terukur
  Memiliki jangka waktu yang pasti
  Mencakup hasil-hasil penting
  Menantang tetapi realistis
  Dikaitkan dengan imbalan


MANAJEMEN BERSASARAN
                        Manajemen Bersasaran (management by objective – MBO) adalah sistem yang digunakan oleh manajer dan pegawai untuk menentukan tujuan bagi setiap departemen, proyek, maupun personel, serta menggunakan mereka untuk memonitor kinerja selanjutnya.
           
                        kegiatan utama untuk menyukseskan manajemen bersasaran sebagai berikut;
  Menetapkan tujuan
  Membuat rencana tindakan
  Mengevaluasi kemajuan
  Menilai kinerja secara keseluruhan

                        Manfaat Manajemen Bersasaran;
ž  Upaya manajer dan pegawai dipusatkan kepada kegiatan-kegiatan yang mendorong pancapaian tujuan.
ž  Kinerja di semua tingkat perusahaan dapat ditingkatkan
ž  Pegawai termotivasi
ž  Tujuan departemen dan individu selaras dengan tujuan perusahaan
                        Potensi Masalah Manajemen Bersasaran;
ž  Perubahan yang terus menerus menghambat efektivitas manajemen bersasaran
ž  Hubungan buruk antara pimpinan dengan pegawai mengurangi efektivitas
ž  Tujuan strategis dapat diganti dengan tujuan operasional
ž  Organisasi & nilai-nilai mekanis yang menghambat manajemen nersasaran
ž  Tugas laporan yang terlalu banyak dapat menghabiskan energi manajemen bersasaran



RENCANA SEKALI PAKAI & RENCANA TETAP
           
                        Rencana sekali pakai (single-use plans) dibuat untuk mencapai sejumlah tujuan yang kemungkinan tidak berulang di masa depan.
                        Rencana tetap (standing plans) adalah rencana berkelanjutan yang memberi panduan melakukan dan mengatasi tugas atau situasi yang terjadi secara berulang di perusahaan.



MEMBUAT PERENCANAAN DALAM LINGKUNGAN YANG BERGEJOLAK
Tiga metode perencanaan penting :
ž  Perencanaan Kontigensi
            Respon perusahaan ketika mengalami kondisi darurat, kemerosotan, maupun situasi tak terduga.
ž  Pembuatan Skenario
            Langkah-langkah mengamati tren dan ketidaksinambungan (diskontinuitas) yang sedang terjadi, serta memvisualisasikan kemungkinan-kemungkinan yang lebih baik di masa depan.


ž  Perencanan krisis
            :: Pencegahan
                        1. Membangun hubungan
                        2. Mendeteksi sinyal dari lingkungan
            :: Persiapan
                        1. Membentuk tim menejemen kriis dan juru bicara       perusahaan
                        2. Membuat rencana menejemen krisis terperinci
                        3. Membuat sistem komunikasi yang efektif


MEMBUAT PERENCANAAN UNTUK MENCAPAI KINERJA TINGGI
            Tujuan perencanaan dan penetapan tujuan adalah untuk membantu perusahaan mencapai kinerja tinggi.
            Pendekatan Perencanaan Tradisional
            Perencanaan perusahaan tradisional dilakukan sepenuhnya oleh eksekutif puncak dengan menggunakan jasa konsultan atau yang lebih umumm lagi, melalui departemen perencanaan pusat.


ž  Pendekatan Perencanaan Kinerja Tinggi
            Dengan melibatkan semua anggota perusahaan, dan terkadang pihak-pihak luar yang berkepentingan, dalam proses perencanaan.
            Berikut ini beberapa panduan untuk membuat perencanaan di tempat kerja baru :
            :: Menetapkan tujuan abadi untuk mencapai               kualitas unggul tujuan abadi (stretch goals) adalah tujuan yang masuk akal tetapi ambisius yang dinyatakan dengan jelas, memaksa, dan imajinatif sehingga dapat menyemangati pegawai untuk mencapai kualitas unggul.
:: Menggunakan Panel Instrumen Kinerja
            Sebagai cara bagi kalangan eksekutif untuk mengawasi indikator-indikator penting kinerja, seperti penjualan dan hubungannya dengan target, jumlah produk yang dipesan, at5au prosentasi keluhan dan pertanyaan pelanggan yang ditanggapi selama periode tertentu.
:: Membentuk Tim Intelijen
            Kelompok manajer dan pegawai lintas bagian yang bekerja sama untuk memahami masalah persaingan tertentu secara mendalam serta memberikan pemikiran dan saran untuk perencanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar